Sepatok Tanah

Home » » Tata Cara Budidaya Padi Gogo yang Efisien

Tata Cara Budidaya Padi Gogo yang Efisien

Posted by sepatoktanah on Kamis, 28 Mei 2020



Tata Cara Budidaya Padi Gogo yang Efisien
1. Persiapan lahan
Persiapan lahan dilakukan pada kondisi kering atau sebelum musim penghujan dan perlu pupuk kandang/kompos sebanyak 5-10 ton/ha, dan lebih baik ketika Pupuk Kompos ini disimpan dalam kandang sampai satu tahun hal ini berfungsi agar panas yang dihasilkan dari pupuk kandang ini menurun serta gembur sehingga mudah berbaur dengan tanah dan mudah untuk ditaburkan.
2. Penyemaian Benih
Benih disemai pada lahan kosong yang telah di lakukan pengomposan agar subur serta diberi kalenan untuk jalanya air, benih disebarkan kurang lebih 10 kg untuk lahan 3000 m2 . kemudian dilakukan penyiraman agar benihnya bisa tetap bertahan hidup.
3. penyiapan lahan
Diperlukan lahan yang cukup sesuai perbandingan dengan metode penanaman yang berbeda beda, baik 2 legowo maupun 3 legowo, atau lebih tergantung keinginan petani. Namun dari penanaman yang cukup optimal dengan jarak 25 cm lalu legowo.
3. Pemupukan
Versi Cepat : Pemupukan Urea, SP36, dan KCl sesuai rekomendasi pemupukan setempat. Pupuk Urea diberikan ½ bagian pada saat tanaman berumur 14 hari setelah tugal bersama dengan keseluruhan takaran SP36 dan KCl. Sisa urea diberikan saat tanaman berumur lebih 40 hari setelah tugal. Pemberian pupuk disertai dengan penyiangan. Seluruh pupuk diisikan dalam larikan yang dibuat sepanjang baris tanaman pada saat tanah dalam kondisi lembab, kemudian tutupkembali dengan tanah atau dengan cara tugal pada jarak 5 cm dari lubang tanam sedalam 7 cm.
Versi Organik : ada referensi, bisa ditanyakan Admin
4. Pengendalian gulma
Pada saat pengolahan tanah. Penyiangan manual secara rutin menggunakan sabit, parak. Penggunaan herbisida.
5. Pengendalian hama dan penyakit
Ada berbagai macam hambatan yang dialami oleh petani padi, yakni : Uret , penggerek batang, wereng coklat, lalat bibit, , walang sangit, dan tikus.v Penyakit: Blast dan bercak coklat. Tanda- tanda serangan organisme pengganggu sama dengan tanda- tanda serangan pada padi sawah. Demikian pula cara- cara pengendaliannya mengikuti anjuran setempat. Atau ketika menggunakan sistem organik bisa dikontak admin,karena dalam bentuk Pdf.(Free)
6. Panen
Panen dilakukan ketika padi terlihat sudah menguning serta sudah terisi penuh/mendekati. Panen biasa dilakukan dengan manual, tleser maupun combi,

Padi merupakan kebutuhan pokok bagi khalayak umum.

Butuh bibit lur? Bisa kontak : 085647427958 (Ikhsan Yulianto)

source image : bbpadi.litbang.pertanian.go.id 

Thanks for reading & sharing sepatoktanah

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar