Sepatok Tanah

Home » » Cara Menanam Padi dengan Metode yang Optimal Organik

Cara Menanam Padi dengan Metode yang Optimal Organik

Posted by sepatoktanah on Jumat, 26 Juni 2020

Cara Menanam Padi dengan Metode yang Optimal Organik




A.      Pilih Benih Padi Berkualitas
Pilih Padi yang berkualitas berdasarkan keinginan anda, dengan kelebihan dan kekurangan masing masing

Jenis Padi terbaik masa kini/ yang sedang viral (22 Juni 2020 )
1.       Kabir 07

Benih padi unggul. Tahan penyakit dan hama. Umur 90-95 hst hst. hasil panen yang memuaskan. 11-13 ton per ha. Padi genjah dan hasil melimpah sangat menguntungkan buat petani. Tinggi tanaman : 110-120 cm Anakan produktif : 25-30 batang Warna kaki : hijau Warna batang : hijau Warna daun telinga : putih Warna lidah daun : putih Warna daun : hijau Posisi daun : tegak Daun bendera : tegak Bentuk gabah : panjang agak oval gemuk Warna gabah : kuning bersih Kerontokan : sedang Kerebahan : sedang Tekstur nasi : pulen Bobot 1000 butir gabah : 30-33 g Rataan hasil : 10 - 12 ton/ha Ketahanan terhadap hama : tahan terhadap wereng coklat Ketahanan terhadap penyakit : tahan terhadap bakteri hawar daun (HDB), potong leher Keterangan : cocok di tanam pada musim hujan dan kemarau dengan ketinggian dibawah 500 m


2.       Sertani
Umur panen padi adalah 105 hari sejak semai (umur semai 15 hari, umur sejak tanam 90 hari).
· Kebutuhan air sedikit atau tidak menghendaki genangan tinggi (cukup sekitar 1 cm saat tanam hingga tanaman mulai bunting atau cukup macak-macak) dan selanjutnya asal basah saja.
· Umur semai pendek , semai dicabut dan dipindahkan ke sawah pada umur 15 hari.
· Anakan banyak ( pada umur 48 hari dapat mencapai >20 hingga 40 anakan).· Produktivitas padi berkisar ( 8 hingga 16 ton atau secara umum diatas 10 ton/ha ) tergantung keadaan tanah dan tingkat ketrampilan petani dalam pengelolaan dan cuaca/ musim tanam.
· Dibanding tanaman padi lain lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.
· Dapat digunakan untuk pertanaman sistim Rancah (musim hujan), Gogo- Rancah, Rancah- Gogo dan sawah sulit air dan ladang.
· Memiliki malai yang panjang dan butir dalam tiap malai umumnya berkisar 300 hingga 600 atau dominan sekitar 400 hingga 500 butir.
· Pada kondisi pertanaman dan pengelolaaan yang relatif sama secara umum memiliki hasil 2 sampai 3 kali hasil padi jenis lain pada lokasi yang sama. Sumber : https://ceritanurmanadi.wordpress.com/2012/04/21/padi-sertani-karya-surono-danu/



Source : www.google.com


3.       PIM-1 (berpotensi mampu mencapai 15 Ton per hektar)
Ketahanan padi PIM-1 terhadap hama wereng, juga tekstur berasnya yang pulen
Varietas padi ini mampu menghasilkan 800-900 bulir per malai. Namun, karena ukuran tanamannya yang besar, banyak yang meragukan ketahanan varietas padi ini terhadap angin.
Namun belum tersertifikasi,tapi berpotensi ada juga di marketplacepada tanggal 2 Juni 2020 




B.      Menyiapkan Lahan
Menyiapkan lahan adalah salah satu komponen terpenting dalam cara menanam padi yang baik dan menguntungkan ini. Sediakan lahan kosong yang subur yang sudah dibersihkan dari rumput liar dan gulma yang mengganggu.

Untuk meningkatkan kesuburan tanah ketika ditanami. Tanah dialiri air hingga gembur dan lunak kemudian bajak menggunakan traktor, lalu genangi air kembali setinggi 5-10 cm, dan biarkan air menggenang dalam media tanam selama 2 minggu supaya racun racun dapat di netralisir oleh air.

C.      Pembibitan dan Penanaman Padi
Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan.
Cara Menanam Padi yang Baik dan Menguntungkan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)


Cara menanam padi yang baik dan menguntungkan berikutnya adalah proses pembibitan. Setelah menyiapkan lahan, sebar benih padi yang bagus yang sudah melalui tahap pengujian untuk menentukan kualitasnya, rendam 2 hari hingga berkecambah.
Beri pupuk area persemaian tadi dengan pupuk urea dan tsp, masing masing 10 gram untuk setiap semester lahan.
Setelah persiapan benih dan lahan sudah selesai, maka cara menanam padi yang baik dan menguntungkan selanjutnya adalah proses penanaman padi. Usia benih yang sudah dapat dipindahkan adalah sekitar 20 hari, dengan ciri-ciri berdaun 5 – 6 helai, tinggi 22 – 25 cm, batang bagian bawah besar dan keras, serta terbebas dari serangan hama. Satu lubang tanam hanya untuk satu benih, dengan kedalaman tanam berkisar 2 cm.

D.      Perawatan dan Pemeliharaan Padi Serta Pemupukan
Sering melakukan penyiangan untuk tanaman agar kesuburan tetap terjaga, jika ada rabuk organik yang sudah mawur ( tahi sapi/letong, sudah didiamkan pada tempat yang teduh kisar 1 tahunan ).

E.       Pengendalian Hama dan Penyakit
Hama dalam sawah biasanya meliputi walang sangit, belalang, wereng, dan tikus. Jadi, cara menanam padi yang baik dan menguntungkan berikutnya adalah mengendalikan hama dan penyakit.
Untuk mengendalikan hama yang optimal pada walang sangit dengan pestisida buatan namun kisar 7 harian baru bekerja,jai padi ketika setelah tanam selang 40 harian perlu dilakukan penyemprotan obat dahulu menggunakan kimia,untuk diambil sampel walang sangit yang mati karena terkena hama yang disebabkan adanya jamur yang menelpel tadi.
Bahan : Jamur Walang sangit,Beras 1 Ons,
Proses pembuatan : Godok banyusetengah gelas sampai abis airnya, masukan pada toples, tunggu seminggu , masukan toples pada air galon , lalu diaduk sampai rata , dan tutup pakai tutupan yang dilubangi tengahnya agar tidak mbledos.meletus, ambil satu ciduk untuk satu tangki , efek jamu kisar seminggu setelah penyemprotan, jadi untuk antisipasi sebelum ada walang sangit disemprotak lebih dulu lebih baik.
Source : youtu.be/2z2anQIHStw

Proses Panen
Padi sudah terlihat mantap mantap,dengan warn kuning, yang sudah berisi full/hampir full, maka padi siap dipanen bisa dengan tleser,combine,erek manual

Thanks for reading & sharing sepatoktanah

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia, ::))
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile :d
    Whatshapp : +85515373217 :* (f)

    BalasHapus